Psikologi Manajemen (Tugas Kelompok)
Nama Anggota:Diah Sopiah
Diena I.H
Karlina Septyani
Vidyakansha Purnagita
Kelas:
3PA18
Kata pengantar
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat-Nya
sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai . Tidak lupa kami
juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari pihak yang telah
berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik materi maupun pikirannya.Dan harapan kami semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, Untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.
Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.
Bekasi, Oktober 2015
Penyusun
Latar belakang
Manajemen adalah proses perencanan seseorang guna mencapai tujuan
yang di ingginkan setiap orang memerlukan perencanaan dalam hidup guna
mencapai tujuan hidupnya secara terencana.Setiap makhluk hidup berinteraksi dengan cara berkomunikasi.komunikasi dapat dilakukan melalui bahasa tubuh, lisan, tulisan maupun dengan menggunakan simbol.Dan komunikasi merupakan cara seseorang untuk menyampaikan sesuatu pesan untuk orang lain. Tanpa adanya komunikasi semua kegiatan manusia pasti akan terhambat.
Rumusan Masalah
- Menjelaskan definisi psikologi manajemen dan organisasi
- Menjelaskan tentang pengertian komunikasi beserta munurut tohoh ahli komunikasi
- Membahas dimensi-dimensi dalam komunikasi
- Menjelaskan definisi pengaruh dan kunci perubahan perilaku
Agar mahasiswa memahami pengertian psikologi manajemen,organisasii, komunikasi serta mengetahui 4 macam dimensi komunikasi, meliputi dimensi isi, dimensi kebisingan, dimensi jaringan, dan dimensi arah dan definisi pengaruh kunci perubahan.
Psikologi Managemen
Definisi Psikologi ManajemenManajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan (Stoner). Lalu,apa pengertian psikologi manajemen?
Psikologi manajemen adalah ilmu tentang
bagaimana mengatur / me-manage sumber daya yang ada untuk memenuhi
kebutuhan. Kaitannya dengan psikologi: Dengan ditemukan dan
dikembangkannya ilmu psikologi, diketahui bahwa unsur SDM ternyata
merupakan yang terpenting dari ketiga modal kerja perusahaan manapun.
Pasalnya, ilmu psikologi yg memang berpusat pada manusia, mampu
mengintervensi berbagai faktor internal manusia seperti motivasi, sikap
kerja, keterampilan, dsb dengan berbagai macam teknik dan metode,
sehingga bisa dicapai kinerja SDM yang setinggi-tingginya untuk
produktivitas perusahaan.
Pengertian Manejemen
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Manajemen adalah orang yg
mengatur pekerjaan atau kerja sama di antara berbagai kelompok atau
sejumlah orang untuk mencapai sasaran atau orang yg berwenang dan
bertanggung jawab membuat rencana, mengatur, memimpin, dan mengendalikan
pelaksanaannya untuk mencapai sasaran tertentu.Kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno ménagement, yang artinya seni melaksanakan dan mengatur. Menurut Mary Parker Follet, manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Definisi tentang manajemen menurut ahli, diantaranya:
- Eiji Ogawa. Manajemen adalah Perencanaan, Pengimplementasian dan Pengendalian kegiatan-kegiatan termasuk system pembuatan barang yang dilakukan oleh organisasi usaha dengan terlebih dahulu telah menetapkan sasaran-sasaran untuk kerja yang dapat disempurnakan sesuai dengan kondisi lingkungan yang berubah.
- Mary Parker Follet
Berpendapat bahwa manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. - James A.F. Stoner
Berpendapat manajemen dapat diartikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, kepimpinan, dan pengawasan upaya (usaha-usaha) anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. - William H. Newman
Manajemen adalah fungsi yang berhubungan dengan memperoleh hasil tertentu melalui orang lain.
Organisasi
Definisi Organisasi
Organisasi dapat diartikan sebagai suatu alat atau wadah kerjasama
untuk mencapai tujuan bersama dengan pola tertentu ,yang perwujudannya
memiliki kekayaan baik fisik maupun non fisik.Menurut Rosenzweig,organisasi dapat dipandang sebagai : (1) Sistem sosial,yaitu orang-orang dalam kelompok,(2) integrasi atau kesatuan dari aktivitas-aktivitas orang-orang yang bekerja sama dan (3) orang-orang yang berorientasi dan berpedoman pada tujuan bersama.Sedangkan Allen, berpendapat bahwa organisasi adalah suatu proses identifikasi dan pembentukan serta pengelompokan kerja , mendefinisikan dan mendelegasikan wewenang dan tanggung jawab dan menetapkan hubungan-hubungan dengan maksud untuk memungkinkan orang-orang bekerja sama secara efektif dalam menuju tujuan yang ditetapkan.
Karakteristik Organisasi (Nicholas Henry, 1988 : 73):
- Punya maksud tertentu, dan merupakan kumpulan berbagai manusia
- Punya hubungan sekunder (impersonal)
- Punya tujuan yang khusus dan terbatas
- Punya kegiatan kerjasama pendukung
- Terintegrasi dalam sistem sosial yang lebih luas
- Menghasilkan barang dan jasa untuk lingkungannya dan sangat terpengaruh atas setiap perubahan lingkungan.
Definisi Komunikasi
Komunikasi adalah proses penyampaian pesan kepada orang lain. Itu
definisi, makna, arti, atau pengertian komunikasi (communication) secara
praktis atau dalam praktik kehidupan sehari-hari. Pesan (message) itu
bisa berupa informasi, pemberitahuan, keterangan, ajakan, imbauan,
bahkan provokasi atau hasutan. Kata kunci dalam komunikasi adalah pesan
itu. Dari pesan itulah sebuah proses komunikasi dimulai. Komunikasi
terjadi karena ada pesan yang ingin atau harus disampaikan kepada pihak
lain.Definisi komunikasi menurut para ahli :
- Everett M. Rogers, Komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka. (pengantar Ilmu komunikasi, 1998, hal 20, Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc.) (Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar , 2005, hal 62, Dedy Mulyana).
- Rogers & D. Lawrence Kincaid, 1981, Komunikasi adalah suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya, yang pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang mendalam. (pengantar Ilmu komunikasi, 1998, hal 20, Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc.).
- Shannon & Weaver, 1949, Komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling pengaruh mempengaruhi satu sama lainnya, sengaja atau tidak sengaja. Tidak terbatas pada bentuk komunikasi menggunakan bahasa verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lukisan, seni, dan teknologi. (pengantar Ilmu komunikasi, 1998, hal 20, Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc.).
- David K. Berlo, 1965 Ilmu pengantar komunikasi Komunikasi sebagai instrumen dari interaksi sosial berguna untuk mengetahui dan memprediksi setiap orang lain, juga untuk mengetahui keberadaan diri sendiri dalam memciptakan keseimbangan dengan masyarakat. (pengantar Ilmu komunikasi, 1998, hal 3, Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc.).
Dimensi Komunikasi
- Dimensi isi disandi secara verbal dan menunjukkan muatan (isi) komunikasi, yaitu apa yang dikatakan. Dalam komunikasi massa, dimensi isi merujuk pada isi pesan.
- Kebisingan adalah tinggi rendahnya suara yaang terdengar dalam melakukan komunikasi.
- Jaringan adalah sejauh mana seseorang meluaskan jangkauan informasinya dalam melakukan komunikasi. Diantaranya ada komunikasi yang bergantung pada (jaringan satelit)
- Dimensi Arah. Komunikasi dalam konteks ini dibagi menjadi dua, yaitu komunikasi satu arah dan komunikasi dua arah. Komunikasi satu arah merupakan satu orang memberikan informasi kepada orang lainnya tanpa ada timbal balik, sedangkan komunikasi dua arah merupakan komunikasi dimana satu orang memberikan informasi ke orang lain, dan orang lain juga memberikan informasi, sehingga terjadi pertukaran informasi diantara keduanya.
Definisi Pengaruh
- WIRYANTO. Pengaruh merupakan tokoh formal mauoun informal di dalam masyarakat, mempunyai ciri lebih kosmopolitan, inovatif, kompeten, dan aksesibel dibanding pihak yang dipengaruhi
- SUYANTO (AMIKOM YOGYAKARTA). Pengaruh merupakan nilai kualitas suatu iklan melalui media tertentu.
- UWE BECKER. Pengaruh adalah kemampuan yang terus berkembang yang – berbeda dengan kekuasaan – tidak begitu terkait dengan usaha memperjuangkan dan memaksakan kepentingan (involed is formatif vermogen dat – in tegens telling tot macht – niet direct verbonden is met strijd en de doorzetting van belangen).
Kunci-kunci Perubahan Perilaku:
Kunci perubahan masyarakat adalah membentuk daya intelektual (pikaran positif) dan perbuatan yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan,sehingga terjadi perubahan perilaku yang secara otomatis diikuti dengan perubahan masyarakat. Model-model mempengaruhi orang lain dan peranannya dalam psikologi manajemen.
Kepemimpinan adalah suatu kegiatan memengaruhi orang lain agar orang tersebut mau bekerja. Peranannya dalam psikologi manjaemen adalah jika dalam suatu organisasi pemimpin dapat melakukan tugasnya dengan baik seperti membimbing dan mengawasi bawahannya maka secara tidak langsung ia dapat mempengaruhi orang lain dengan baik,
Wewenang dan Peranan
Wewenang adalah kemampuan untuk menggunakan pengaruh pada orang lain artinya kemampuan untuk mengubah sikap atau tingkah laku individu atau kelompok. Wewenan juga berarti kemampuan untuk mempengaruhi individu,keputusan dan kejadian, wewenang tidak sama dengan kekuasan, wewenang tanpa kekuasaan akan menyebabkan konflik.
Peranan (role) merupakan proses dinamis kedudukan. Apabila seseorang melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai kedudukannya. Maka dia telah menjalankan suatu peranan.
sumber:
Munandar, Ashar Sunyoto. (2001). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).
selasa,4 oktober 2016
jam 22:35
Komentar
Posting Komentar