Tugas Ke 10 Psikologi Manajemen

pengertian Job Enrichment
Job Enrichment merupakan upaya untuk memotivasi karyawan dengan memberi mereka kesempatan untuk menggunakan berbagai kemampuan mereka. Ini adalah ide yang dikembangkan oleh psikolog Amerika. Job enrichment adalah memberikan tugas dan tanggung jawab lebih besar pada karyawan dan menambah pekerjaan dalam hal kualitas, atau kompleksitasnya. Misalnya, seorang teknisi yang biasanya menangani mesin, kemudian ditugaskan untuk menangani mesin baru yang lebih kompleks.

    Langkah-Langkah dalam Redesign Pekerjaan Untuk Job Enrichment

      Ø  Menggabungkan beberapa pekerjaan menjadi satu.
·         Menjadi lebih besar
·         Lebih bervariasi
·         Kecakapan lebih luas
      Ø  Memberikan modul kerja untuk setiap pekerja.
      Ø  Memberikan kesempatan pada setiap pekerja untuk dapat bertanggung jawab.
·         Kesempatan mengatur prosedur kerja sendiri
Ø  Memberikan kesempatan pekerja menghubungi kliennya sendiri secara langsung.
·         Orang – orang yang berhubungan dengan pelaksanaan kerjanya.
Ø  Menciptakan sarana – sarana umpan balik.
·         Pekerja dapat memonitor koreksi diri.
Pertimbangan Melakukan Job Enrichment
 Ada lima dimensi inti dari sebuah pekerjaan yang mempengaruhi job enrichment biasanya  memberikan kontribusi kepada orang-orang yang menikmati pekerjaan menurut Greenberg dan Baron:
Ø  Skill Variety    : Meningkatkan jumlah individu keterampilan yang digunakan ketika melakukan pekerjaan.
Ø  Task Identity    : Mengaktifkan orang untuk melakukan pekerjaan dari awal sampai akhir.
Ø  Task Significance        : Memberikan pekerjaan yang memiliki dampak langsung terhadap organisasi atau para stakeholder.
Ø  Autonomy        : Meningkatkan tingkat pengambilan keputusan, dan kebebasan untuk memilih bagaimana dan ketika pekerjaan selesai.
Ø  Feedback         : Meningkatkan jumlah pengakuan untuk melakukan pekerjaan dengan baik, dan mengkomunikasikan hasil karya orang.

    

 
     Berikan contoh langkah-langkah dalam redesign pekerjaan
 Contoh: Suatu perusahaan ingin mengangkat seorang pekerjanya sebagai manager di kantornya, namun karena pendidikannya hanya sampai D3 sedangkan untuk menempati posisi manager dikantonya tingkat pendidikannya minimal S2 maka perusahaan tersebut mengembangkan pekerjanya tersebut untuk melanjutkan S2 dan untuk mendapatkan pelatihan khusus sebagai Manager dikantornya.


Daftar Pustaka
         P.Siagian, Sondang, Prof. Dr. MPA.(1988). Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta : Rineka Citra.
         Sihotang. A. Drs. M.B.A. (2006).Menejemen Sumber Daya Manusia .Jakarta : PT Pradnya Paramita.
Wijayanto, D. (2012). Psikologi manajemen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Kreativitas