Tugas Ke 10 Psikologi
Manajemen
pengertian Job Enrichment
Job Enrichment merupakan upaya untuk memotivasi
karyawan dengan memberi mereka kesempatan untuk menggunakan berbagai kemampuan
mereka. Ini adalah ide yang dikembangkan oleh psikolog Amerika. Job enrichment
adalah memberikan tugas dan tanggung jawab lebih besar pada karyawan dan
menambah pekerjaan dalam hal kualitas, atau kompleksitasnya. Misalnya, seorang
teknisi yang biasanya menangani mesin, kemudian ditugaskan untuk menangani
mesin baru yang lebih kompleks.
Langkah-Langkah dalam Redesign Pekerjaan
Untuk Job Enrichment
Ø Menggabungkan
beberapa pekerjaan menjadi satu.
·
Menjadi lebih besar
·
Lebih bervariasi
·
Kecakapan lebih luas
Ø Memberikan
modul kerja untuk setiap pekerja.
Ø Memberikan
kesempatan pada setiap pekerja untuk dapat bertanggung jawab.
·
Kesempatan mengatur prosedur kerja sendiri
Ø Memberikan
kesempatan pekerja menghubungi kliennya sendiri secara langsung.
·
Orang – orang yang berhubungan dengan pelaksanaan
kerjanya.
Ø Menciptakan
sarana – sarana umpan balik.
·
Pekerja dapat memonitor koreksi diri.
Pertimbangan Melakukan Job Enrichment
Ada lima dimensi inti dari sebuah
pekerjaan yang mempengaruhi job enrichment biasanya memberikan kontribusi kepada orang-orang yang
menikmati pekerjaan menurut Greenberg dan Baron:
Ø Skill
Variety : Meningkatkan jumlah individu
keterampilan yang digunakan ketika melakukan pekerjaan.
Ø Task Identity :
Mengaktifkan orang untuk melakukan pekerjaan dari awal sampai akhir.
Ø Task Significance :
Memberikan pekerjaan yang memiliki dampak langsung terhadap organisasi atau
para stakeholder.
Ø Autonomy :
Meningkatkan tingkat pengambilan keputusan, dan kebebasan untuk memilih
bagaimana dan ketika pekerjaan selesai.
Ø Feedback :
Meningkatkan jumlah pengakuan untuk melakukan pekerjaan dengan baik, dan
mengkomunikasikan hasil karya orang.
Berikan
contoh langkah-langkah dalam redesign pekerjaan
Contoh: Suatu
perusahaan ingin mengangkat seorang pekerjanya sebagai manager di kantornya,
namun karena pendidikannya hanya sampai D3 sedangkan untuk menempati posisi
manager dikantonya tingkat pendidikannya minimal S2 maka perusahaan tersebut
mengembangkan pekerjanya tersebut untuk melanjutkan S2 dan untuk mendapatkan
pelatihan khusus sebagai Manager dikantornya.
Daftar Pustaka
P.Siagian,
Sondang, Prof. Dr. MPA.(1988). Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta
: Rineka Citra.
Sihotang.
A. Drs. M.B.A. (2006).Menejemen Sumber Daya Manusia .Jakarta : PT
Pradnya Paramita.
Wijayanto, D.
(2012). Psikologi manajemen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Komentar
Posting Komentar