Tugas Softskiil ke 2 Psikologi
Manajemen
Tanggal : 30 sep 2016
Jam : 14.56
Perbedaan antara komunikasi satu arah dan
komunikasi dua arah
perbedaan
antara komunikasi satu arah dan komunikasi dua arah yaitu, komunikasi satu arah
terjadi ketika seorang pengirim pesan kepada orang lain, sedangkan penerima
pesan tidak menanggapi pesan tersebut atau komunikasi satu arah merupakan
komunikasi yang berlangsung dari satu pihak saja, yaitu hanya dari pihak
komunikator dengan tidak memberi kesempatan kepada komunikan untuk memberikan
respon atau tanggapan. Yang termasuk komunikasi satu arah yaitu, khotbah,
berita di TV dan radio.
Contohnya:
seorang guru berpidato dalam suatu upacara di sekolah sehingga semua siswa
hanya bisa mendegarkan saja dan tidak memberikan tanggapan. Sedangkan
komunikasi dua arah komunikasi yang terjadi ketika seseorang mengirim pesan,
mengeluarkan ide, gagasan, pendapat dan peerima pesan (pendengar) menanggapi
isi pesan atau komunikasi dua arah merupakan komunikasi yang berlangsung antara
dua pihak dan ada timbal balik baik dari komunikator maupun komunikan.
Contohnya: seseorang sedang curhat
kepada teman dekatnya dan menceritakan semua yang sedang dialami atau
dirasakannya dan orang yang menerima pesan tersebut atau komunikan memberikan
tanggapannya atau merespon kembali apa yang disampaikan komunikator.
Pentingnya Komunikasi
dalam Manajemen
Dalam
kehidupannya, manusia memerlukan komunikasi, baik berkomunikasi dengan individu
lain maupun dengan kelompok atau masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa manusia
terbentuk dari hasil integrasi sosial dengan sesama dalam suatu kelompok atau
masyarakat.
Brent D.
Ruben (dalam Muhammad 2005) menyatakan definisi komunikasi adalah suatu proses
melalui mana individu dalam hubungannya, dalam kelompok, dalam organisasi dan
dalam masyarakat menciptakan, mengirimkan, dan menggunakan informasi untuk
mengkoordinasikan lingkungannya dan orang lain. Selain komunikasi,bagian penting lain dalam komunikasi organisasi adalah organisasi itu sendiri.Semakin kompleksnya kehidupan
manusia, membuat peranan komunikasi semakin tidak terelakan, untuk kepentingan
berinteraksi, memecahkan masalah, atau untuk menjalin hubungan baik dengan
sesamanya. Demikian pula bila dilihat dari sudut pandang organisasi atau
perusahaan sebagai suatu kesatuan sosial yang terdiri dari orang atau kelompok
orang yang berinteraksi satu sama lain untuk mencapai suatu tujuan bersama
(Robbins, 1994; 4), komunikasi memiliki peranan penting, salah satunya dalam
menjalin hubungan dengan para stake
holder-nya.
Organisasi
terbentuk karena adanya kesamaan visi, misi dan tujuan yang ingin dicapai sekelompok
orang dalam organisasi tersebut. Dari sini setiap unsur yang terdapat di dalam
organisasi secara langsung maupun tidak langsung harus memegang teguh apa yang
menjadi tujuan dan prinsip di dalam organisasi tersebut, sehingga organisasi
dapat mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan.Pengkajian terhadap
komunikasi organisasi memiliki arti penting mengingat bahwa komunikasi
organisasi merupakan suatu disiplin studi yang dapat mengambil sejumlah arah
yang sah dan bermanfaat. Dalam arti pengkajian akan memberikan manfaat tidak
hanya bagi siapa saja yang ingin memahami perilaku organisasi secara lebih
baik, tapi juga memiliki aspek pragmatis bagi orang-orang yang ingin
memperbaiki kinerjanya sebagai peserta/anggota suatu organisasi.
Studi komunikasi organisasi dapat memberikan landasan kuat bagi karier dalam manajemen, pengembangan sumber daya manusia, dan komunikasi perusahaan, serta tugas-tugas lainnya yang berorientasikan kepada manusia dalam organisasi (Pace & Faules, 2001:).
Studi komunikasi organisasi dapat memberikan landasan kuat bagi karier dalam manajemen, pengembangan sumber daya manusia, dan komunikasi perusahaan, serta tugas-tugas lainnya yang berorientasikan kepada manusia dalam organisasi (Pace & Faules, 2001:).
Daftar Pustaka
Wiryanto, 2005, Pengantar
Ilmu Komunikasi, Jakarta: Grameia Wiiasarana Indonesia.
Onong Effendy, 1994, Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Komentar
Posting Komentar